INFO OJEK ONLINE

Blog yang memberikan informasi tentang info ojek online di indonesia

Monday, February 5, 2018

Kisah Inspiratif Pendiri Gojek Nadiem Makarim

Menjadi salah satu kisah inspiratif menjadi hal yang didambakan setiap orang. Tak lain halnya dengan pendiri Gojek yang merintis nikmatnya kesuksesan dari pahitnya sebuah proses.
Artikel:
Nadiem Makarim seorang pengusaha yang merintis karirnya pada tahun 2011 yang kini sudah dikenal masyarakat luas dengan sebutan Gojek.Pendiri Gojek sekaligus CEO Gojek tersebut kini meluapkan kesuksesannya melalui penyediaan alat transportasi dan jasa yang berbasis daring atau masyarakat umum mengenalnya dengan sebutan “online”.

Pendiri Gojek Nadiem Makarim
Seperti yang kitaketahuibersama, Nadiem Makarim menjadi salah satu pengusaha yang paling bersinar di Indonesia dengan pendanaan sekitar USD 550 juta yang menjadikan perusahaan Gojek bernilai USD 1,3 miliar. Ada laporan bahwa Gojek akan mendapatkan pendanaan sebesar USD 1,2 miliar dari Tencent dan menjadikan nilai perusahaan sebesar USD 3 miliar.
Profil Pendiri Gojek Nadiem Makarim
1.      Latar Belakang
Nadiem Anwar Makarim begitulah nama asli dari pemilik Gojek yang lahir dari pasangan Nono Anwar Makarim dan Atika Algadri. Nadiem merupakan anak dari orang tua yang sangat mampu untuk menunjang seluruh biaya kehidupan yang dibutuhkan. Ayahnya merupakan seorang aktivis dan pengacara yang terkemuka, sedangkan ibunya bekerja sebagai seorang penulis lepas dan merupakan putri dari Hamid Algadri yaitu salah satu orang yang merintis kemerdekaan Indonesia.
2.      Pendidikan yang Ditempuh
Pendiri Gojek tersebut pernah menempuh pendidikan Sekolah Dasar (SD) di Jakarta, ketika menjalani pendidikan di Sekolah Menengah Atas (SMA) pemilik Gojek tersebut sempat berpindah ke Singapura dan lulus di sana (tidak ada kepastian nama tempat Nadiem Makarim menempuh pendidikan dariSekolah Dasar sampai Sekolah Menengah Atas).
Setelah lulus Sekolah Menengah Atas, pada tahun 2002 ia melanjutkan pendidikan S1 di Brown University, Amerika Serikat dengan mengambil jurusan Internasional Relation dan pada tahun 2006 ia kembali melanjutkan pendidikan S2-nya selama 3 tahun serta menyandang gelar Master of Business Administration di Harvard Bussines School, Amerika Serikat.
3.      Perjalanan Karir dan Bisnis Pemilik Gojek
Awal karir bisnis Nadiemmerupakan sebagai konsultan manajemen di McKinsey & Company dan kemudian terjun ke dunia bisnis sebagai pengusaha sebagai Co-Founder Zalora Indonesia. Selain sebagai salah satu pendiri Zalora, Nadiem juga merupakan orang yang menjabat sebagai Managing Editor di perusahaan tersebut. Tidak bertahan lama di Zalora, ia memutuskan untuk keluar dan kemudian menjadi Chief Innovation Officer (CIO) Kartuku, baru kemudian ia berfokus untuk mengembangkan Gojek yang ia dirikan serta ia rintis dari tahun 2011.
Saat ini perusahaan Gojek merupakan perusahaan yang dicap sebagai rintisan terbesar di Indonesia. Perusahaan Gojek sendiri telah mendapatkan pendanaan sebesar USD 550 juta atau sekitar 7,2 triliun rupiah dari berbagai perusahaan ternamaseperti Capital Group,DST Global,Farallon Capital Management,Formation Group, KKR, Sequoia CapitalRakuten Ventures, NSI Ventures, Northstar Group, dan Warburg Pincus. 
4.      Asal Muasal Berdirinya Gojek
Berawal dari bincang-bincang dengan tukang ojek Nadiem memutuskan untuk mencoba peruntungan dengan mendirikan perusaahan yang berbasis jaringan atau online. Ia mendapatkan ide tersebut dari cerita tukang ojek yang menyebutkan bahwa sebagian besar kegiatannya dalam satu hari adalah menunggu penumpang dan giliran untuk mengambil penumpang dengan tukang ojek lainnya.
Melihat adanya sebuah peluang bisnis, ia pun mencoba untuk memberikan pelayanan masyarakat melalui ojek yang berbasis dalam jaringan internet. Ia mencoba mengajak teman-temannya untuk mendirikan sebuah sistem layanan ojek online yang bertujuan untuk memberikan kepuasan dan kenyamanan transportasi bagi penggunanya serta membantu menumbuhkan ekonomi masyarakat. Dari hal kecil tersebut perusahaan yang ia dirikan semakin terus berkembang sampai saat ini.

kisah inspiratif dari Pendiri Gojek Nadiem Makarim seharusnya bisa menjadi sebuah batu loncatan untuk tidak takut gagal dalam mencari dan menjalankan sebuah peluang bisnis sekecil apa pun.

Back To Top